My video, please watching this and i hope you like this ;)

Minggu, 01 Juli 2012

Rencana pelaksanaan pembelajaran


                                RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                Nama sekolah   :               ...............................................
                                Mata pelajaran                 :...............................................                
                                Kelas                     :               ...............................................
                                Semester            :               ...............................................
Stndar kompetensi : ALJABAR
                                     4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi dasar :  4.1 memahami pengertian dan notasi himpunan serta penyajiannya
Alokasi waktu          :  4 jam pelajaran (2x pertemuan)
A.      Tujuan pembelajaran
a.       Peserta didik dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
b.      Peserta didik dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan
c.       Peserta didik dapat menyatakan notasi himpunan.
d.      Peserta didik dapat mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.
e.      Peseta didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
f.        Peserta didik dapat mengenal pengertian himpunan semesta,serta dapat menyebutkan anggotanya.
v  Karakter siswa yang di harapkan : disiplin(discipline)
           Rasa hormat dan perhatian (respect)
           Tekun (diligence)
           Tanggung jawab (responsibility
B.      Materi Ajar
Himpunan:
-          Mengenal himpunan
C.      Metode pembelajaran
Ceramah,Tanya jawab,diskusi dan pemberian tugas.
D.      Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
Pendahuluan             :  

-          Aperspsi : menyampaikan tujuan pembelajaran
-          memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya                  memperlajari materi ini.
                 
 Kegiatan inti :
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,guru :
F  Peserta didik di berikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan beserta data anggotanya,mengenai anggota dan bukan anggota himpunan,notasi himpunan,himpunan berhingga dan tak berhingga,himpunan kosong dan nol beserta notasinya.juga pengertian himpunan semesta beserta anggotanya.
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,guru :
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,guru :
F  Memberikan umpanbalik positif dan penuatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat,maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan Peserta didik yang menghadapi kesulitan,dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan penutup guru :
F  Bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
F  Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan secara konsisten dan terprogram.
F  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajarn.
F  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi,program pengayaan,layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.



E.       Alat dan sumber belajar
 Sumber:
-          Buku paket,yaitu buku matematika kelas VII semester2
-          Buku referensi lain.

Alat :
-          Laptop
-          LCD
-          OHP
F.       Penilaian hasil belajar


Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian
Teknik
penilaian
Bentuk
instrumen
Instrument/soal

Ø  Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
Ø  Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan
Ø  Menyatakan notasi himpunan.
Ø  Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.

Tes tertulis





Tes uraian

1.       Di dalam kelasmu,sebutkan kumpulan objek yang merupakan himpunan.
2.       Di dalam kelasmu,ada himpunan siswa yang mempunyai satu kakak dan sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.

                                                                                                                                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar