RENCANA
PELAKSAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : ...............................................
Mata pelajaran :...............................................
Kelas : ...............................................
Semester
: ...............................................
Stndar kompetensi : ALJABAR
4.
Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi dasar :
4.1 memahami pengertian dan notasi himpunan serta penyajiannya
Alokasi waktu :
4 jam pelajaran (2x pertemuan)
A.
Tujuan
pembelajaran
a. Peserta
didik dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata
anggotanya
b. Peserta
didik dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan
c. Peserta
didik dapat menyatakan notasi himpunan.
d. Peserta
didik dapat mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.
e. Peseta
didik dapat mengenal himpunan kosong dan nol serta notasinya.
f.
Peserta didik dapat mengenal pengertian himpunan
semesta,serta dapat menyebutkan anggotanya.
v
Karakter siswa yang di
harapkan : disiplin(discipline)
Rasa hormat dan perhatian (respect)
Tekun (diligence)
Tanggung jawab (responsibility
B.
Materi
Ajar
Himpunan:
-
Mengenal himpunan
C.
Metode
pembelajaran
Ceramah,Tanya jawab,diskusi dan pemberian tugas.
D.
Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
Pendahuluan :
-
Aperspsi : menyampaikan tujuan pembelajaran
-
memotivasi peserta didik dengan memberi
penjelasan tentang pentingnya memperlajari materi ini.
Kegiatan inti :
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,guru :
F
Peserta didik di berikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru mengenai cara menyatakan masalah sehari-hari dalam
bentuk himpunan beserta data anggotanya,mengenai anggota dan bukan anggota
himpunan,notasi himpunan,himpunan berhingga dan tak berhingga,himpunan kosong
dan nol beserta notasinya.juga pengertian himpunan semesta beserta anggotanya.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,guru :
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas,diskusi,dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis.
F
Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif.
F
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,guru :
F
Memberikan umpanbalik positif dan penuatan dalam
bentuk lisan,tulisan,isyarat,maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
F
Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan Peserta didik yang menghadapi kesulitan,dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar.
Ø
Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi.
Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan penutup guru :
F
Bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
F
Melakukan penilaian atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah di laksanakan secara konsisten dan terprogram.
F
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajarn.
F
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remidi,program pengayaan,layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E.
Alat
dan sumber belajar
Sumber:
-
Buku paket,yaitu buku matematika kelas VII
semester2
-
Buku referensi lain.
Alat
:
-
Laptop
-
LCD
-
OHP
F.
Penilaian
hasil belajar
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrument/soal
|
|
Ø Menyatakan
masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
Ø Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan
Ø Menyatakan
notasi himpunan.
Ø Mengenal
himpunan berhingga dan tak berhingga.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
1. Di
dalam kelasmu,sebutkan kumpulan objek yang merupakan himpunan.
2. Di
dalam kelasmu,ada himpunan siswa yang mempunyai satu kakak dan sebutkan
anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar